Sunday, July 1, 2012

REAKSI CARNIZARO

Reaksi Cannizzaro, dinamakan dari penemunya, adalah sebuah yang melibatkan tanpa hidrogen pada posisi alfa yang diinduksi oleh. Cannizzaro pertama kali menyelesaikan transformasi ini pada tahun 1853, ketika dia mendapatkan benzil alkohol dan asam benzoat dari reaksi antara benzaldehida dengan.
Produk reaksi ini adalah dan produk adalah. Untuk aldehida dengan atom hidrogen pada posisi alfa, misalnya RCHR'CHO, reaksi yang lebih difavoritkan adalah, yang berawal dari deprotonasi hidrogen alfa ini. Beberapa tinjauan telah diterbitkan. Merupakan disproporsionasi (reaksi reduksi dan oksidasi terjadi bersamaan) suatu aldehida yang tak memiliki atom-atom alfa-hidrogen menjadi alkohol dan asam(garam) dalam basa kuat 30-60%.

*    Variasi

Terdapat pula kondisi khusus reaksi Cannizzaro silang. Variasi ini lebih umum terlihat belakangan ini karena reaksi Cannizzarro yang asli menghasilkan campuran alkohol dan asam karboksilat. Sebagai contoh, aldehida tanpa hidrogen alfa apapun dapat direduksi dengan keberadaan. Formaldehida dioksidasi membentuk dan alkhol yang diinginkan didapatkan dengan rendemen yang tinggi.
 
Redoks ini disproporsionasi dari aldehida non-enolizable untuk asam karboksilat dan alkohol dilakukan dalam basis terkonsentrasi.
α-Keto aldehida memberikan produk dari sebuah disproporsionasi intramolekul dalam hasil yang sangat baik.

Selebihnya Download :
  http://www.ziddu.com/download/19811400/ReaksiCannizaro.docx.html

No comments:

Post a Comment